Keputusan Tidak Adil dari Metro Exodus Meninggalkan Steam

Keputusan Tidak Adil dari Metro Exodus Meninggalkan Steam

Game shooter yang dinantikan akan hadir dalam PC tersedia di Epic Games Store.

Berita heboh lainnya dalam tahun ini, Sejarah pembatalan kerja sama dengan Steam dalam rilis sebuah game dialihkan oleh Epic Game Store.
Penerbit Deep Silver telah mengumumkan bahwa versi PC untuk game first-person shooter mendatang, Metro Exodus akan hadir dan tersedia secara khusus pada tanggal 15 February 2019 melalui Epic Digital Store.


Sebelumnya ada pengumuman, bahwa untuk pemain versi PC tersedia dalam pre-order Metro Exodus melalui Steam. Untuk pre-order akan tetap dihormati, namun permainan akan dihapus dari Valve's storefront mulai hari ini.

Dalam persetujuan terbaru dari pihak Steam, pihak Steam menuliskan sebuah pernyataan dalam Metro Exodus Steam page dimana bertuliskan :

"Sales of Metro Exodus have been discontinued on Steam due to a publisher decision to make the game exclusive to another PC store.

The developer and publisher have assured us that all prior sales of the game on Steam will be fulfilled on Steam, and Steam owners will be able to access the game and any future updates or DLC through Steam.

We think the decision to remove the game is unfair to Steam customers, especially after a long pre-sale period. We apologize to Steam customers that were expecting it to be available for sale through the February 15th release date, but we were only recently informed of the decision and given limited time to let everyone know."

Pernyataan tersebut mengarah bahwa penjualan dari Metro Exodus telah dihentikan dalam Steam atas keinginan dari publisher untuk menjadikan game khusus ke PC store lainnya.
Developer dan Publisher meyakinkan bahwa untuk penjualan sebelumnya dalam steam akan dipenuhi di sistem Steam, dan pemilik steam akan mendapatkan akses ke game dan updatean terbaru kedepannya melalui Steam.
Kami mengira untuk keputusan menghapus game ini sangatlah tidak adil untuk pelanggan Steam, terkhususkan setelah periode pre-sale yang panjang. Kami mohon maaf kepada pelanggan Steam yang berharap bahwa penjualan akan tersedia hingga 15 Februari sebagaimana tanggal rilisnya, namun kami baru diberikan infprmasi atas keputusan itu dan diberi waktu yang sangat terbatas untuk memberitahu ke seluruh orang.

Faktor utama yang membuat kerja sama Metro Exodus berhenti dari Steam dikarenakan perjanjian Epic dengan developers atas hasil pembagiannya. Epic Store memberikan perusahaan sebesar 88% dari hasil penjualan mereka dimana Epic hanya mengambil keuntungan 12%, dan hal tersebut tidak didapatkan dari Steam. 

Persetujuan dari Epic adalah sebuah perubahan dalam game yang melayakkan sang penerbit untuk berinvestasi lebih banyak dalam pembuatan konten atau memberikan keringanan terhadap para pemainnya.

Klemens Kundratitz sebagai CEO dari Deep Silver menyatakan "Dengan bekerja sama dengan Epic kami memungkikan dapat berinvestasi lebih dalam masa depan Metro dan kemitraan yang berlanjut dengan developer 4a Games, untuk kepentingan para penggemar Metro kami."



Konsekuensi lainnya dari Epic, Deep Silver menjualkan versi PC dari Metro Exodus dengan harga US 50$ - 10$ lebih murah dari biasanya.

Bukan hanya Metro Exodus satu-satunya yang meninggalkan Steam. Awal bulan ini, Ubisoft juga mengumumkan bahwa game shooter mendatang, The Division 2, juga akan meninggkalkan Steam dan beralih ke Epic Games Store.

Post a Comment

1 Comments